Minggu, 06 Juni 2021

Unsur MIKIR dalam Matematika

 Menyimpulkan unsur MIKIR secara umum dan matematis

Sebelu menyimpulkan unsur MIKIR secara umum dan matematis, maka akan dijabarkan terlebih dahulu unsur-unsur MIKIR itu sendiri, baik secara umum maupun secara matematis.

1.      Unsur Mengalami

UMUM

MATEMATIS

Melakukan Percobaan

·         Mengukur atau praktik menggunakan alat peraga matematika

·         Mencongak

·         Menghitung mundur

·         Menghitung loncat

·         Membuktikan

·         Menurunkan rumus

·         Membuat kalimat matematika

·         Mencacah

·         Mencari keterkaitan

·         Menaksir (contoh: berat, jarak, bilangan)

·         Menggambar grafik

·         Membuat garis bilangan

·         Menentukan titik potong

 

Mengamati

·      Mengamati berbagai bentuk bangun datar dan bangun ruang, grafik, jarak, data dari tabel

·      Melihat hubungan dan perbedaan dari dua gambar, misal mengamati unsur kesebangunan dari dua gambar

Mempraktikkan

·         Menggambar grafik

·         Menghitung tinggi pohon dengan kesebangunan/klinometer

·         Mengukur besar sudut

·         Melukis bangun ruang

·         Melukis garis singgung persekutuan lingkaran

·         Membuktikan bukti pernyataan

·         Menyusun tabel data hasil pengamatan

Mencari Referensi

Membaca serta mencari refeerensi yang berkaitan dengan matematika

Menuliskan hasil penelitian

Menuliskan hasil penelitian

 

2.      Unsur Komunikasi

UMUM

MATEMATIS

Menyampaikan ide/gagasan secara tertulis/ lisan

Menyampaikan ide/gagasan secara lisan/tertulis dalam bentuk simbol, diagram ataupun tabel

Menyimak ide/gagasan secara lisan atau tertulis

Menyimak ide/gagasan secara lisan/tertulis dalam bentuk simbol, diagram ataupun tabel

 


 

 

3.      Unsur Interaksi

UMUM

MATEMATIS

Diskusi

Diskusi dan tanya jawab, di mana guru diharuskan memunculkan konflik kognitif kepada siswa agar siswa dapat terpacu untuk berpikir

Tanya jawab

 

4.      Unsur Refleksi

UMUM

MATEMATIS

Mengumpulkan

Mengumpulkan

Evaluasi

Evaluasi

Memberi Penekanan

Memberi Penekanan

 

Kegiatan menyimpulkan dapat dilakukan dengan dua cara

1.      Penarikan kesimpulan secara klasikal

Penarikan kesimpulan ini dilakukan dengan melibatkan seluruh siswa secara klasikal dengan berdasar dari pertanyaan dan bantuan guru.

2.      Penarikan kesimpulan secara personal

Penarikan kesimpulan secara personal artinya penarikan kesimpulan dari perwakilan satu orang di kelas dengan arahan guru

Kegiatan evaluasi dapat dilakukan dengan bertanya kepada siswa mengenai kesan dan pesan mereka terhadap proses pembeajaran hari itu atau dengan menanyakan dari semua materi yang diajarkan, materi apayang belum dipahami dengan baik oleh siswa.

Kegiatan memberikan penekanan dapat dilakukan dengan mengaitkan materi yang sudah dipelajarin dengan materi yang akan datang untuk menarik siswa untuk belajar materi selanjutnya.

 

Pertanyaan:

Apakah perbedaan unsur MIKIR secara umum dengan unsur MIKIR dalam matematika?

Jawab:

Dari pembahasan diatas ditarik kesimpulan bahwa

·         Pada unsur MIKIR secara umum kegiatan yang dilakukan masih sangat umum dan berlaku untuk semua bidang/mata pelajaran, Sedangkan unsur MIKIR dalam matematika kegiatan-kegiatan yang dilakukan lebih spesifik dan berkaitan dengan pembelajaran matematika.

·         Pada unsur MIKIR secara umum kegiatan-kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang dapat diamati oleh panca indra, sedangkan pada matematika tidak semua unsur MIKIR dapat diamati oleh mata. Sebagai contoh menaksir dan mencongak, kedua hal tersebut tidak dapat diketahui secara langsung.

·         Pada unsur MIKIR secara umum kegiatan menyampaikan gagasan/ide secara lisan maupun tulisan dapat dilakukan melalui apa saja, sedangkan dalam matematika kegiatan menyampaikan gagasan/ide secara lisan maupun tertulis dilakukan melalui 3 cara yaitu dapat melalui simbol, diagram, dan tabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar