Menyimpulkan unsur MIKIR secara umum dan matematis
Sebelu
menyimpulkan unsur MIKIR secara umum dan matematis, maka akan dijabarkan
terlebih dahulu unsur-unsur MIKIR itu sendiri, baik secara umum maupun secara
matematis.
1.
Unsur Mengalami
UMUM |
MATEMATIS |
Melakukan Percobaan |
·
Mengukur atau
praktik menggunakan alat peraga matematika ·
Mencongak ·
Menghitung
mundur ·
Menghitung
loncat ·
Membuktikan ·
Menurunkan
rumus ·
Membuat kalimat matematika ·
Mencacah ·
Mencari keterkaitan ·
Menaksir (contoh: berat, jarak,
bilangan) ·
Menggambar grafik ·
Membuat garis
bilangan ·
Menentukan titik potong |
Mengamati |
·
Mengamati
berbagai bentuk bangun datar dan bangun ruang, grafik, jarak, data dari tabel ·
Melihat
hubungan dan perbedaan dari dua gambar, misal mengamati unsur kesebangunan
dari dua gambar |
Mempraktikkan |
·
Menggambar
grafik ·
Menghitung
tinggi pohon dengan kesebangunan/klinometer ·
Mengukur besar
sudut ·
Melukis bangun
ruang ·
Melukis garis
singgung persekutuan lingkaran ·
Membuktikan
bukti pernyataan ·
Menyusun tabel
data hasil pengamatan |
Mencari Referensi |
Membaca serta mencari refeerensi
yang berkaitan dengan matematika |
Menuliskan hasil penelitian |
Menuliskan hasil penelitian |
2.
Unsur Komunikasi
UMUM |
MATEMATIS |
Menyampaikan
ide/gagasan secara tertulis/ lisan |
Menyampaikan
ide/gagasan secara lisan/tertulis dalam bentuk simbol, diagram ataupun tabel |
Menyimak
ide/gagasan secara lisan atau tertulis |
Menyimak
ide/gagasan secara lisan/tertulis dalam bentuk simbol, diagram ataupun tabel |
3.
Unsur Interaksi
UMUM |
MATEMATIS |
Diskusi |
Diskusi
dan tanya jawab, di mana guru diharuskan memunculkan konflik kognitif kepada
siswa agar siswa dapat terpacu untuk berpikir |
Tanya
jawab |
4.
Unsur Refleksi
UMUM |
MATEMATIS |
Mengumpulkan |
Mengumpulkan |
Evaluasi |
Evaluasi |
Memberi Penekanan |
Memberi Penekanan |
Kegiatan menyimpulkan dapat dilakukan dengan dua
cara
1.
Penarikan
kesimpulan secara klasikal
Penarikan kesimpulan ini dilakukan
dengan melibatkan seluruh siswa secara klasikal dengan berdasar dari pertanyaan
dan bantuan guru.
2.
Penarikan
kesimpulan secara personal
Penarikan kesimpulan
secara personal artinya penarikan kesimpulan dari perwakilan satu orang di
kelas dengan arahan guru
Kegiatan evaluasi dapat dilakukan dengan
bertanya kepada siswa mengenai kesan dan pesan mereka terhadap proses
pembeajaran hari itu atau dengan menanyakan dari semua materi yang diajarkan,
materi apayang belum dipahami dengan baik oleh siswa.
Kegiatan memberikan penekanan dapat
dilakukan dengan mengaitkan materi yang sudah dipelajarin dengan materi yang akan
datang untuk menarik siswa untuk belajar materi selanjutnya.
Pertanyaan:
Apakah perbedaan unsur MIKIR secara umum dengan
unsur MIKIR dalam matematika?
Jawab:
Dari pembahasan diatas ditarik kesimpulan bahwa
·
Pada unsur MIKIR
secara umum kegiatan yang dilakukan masih sangat umum dan berlaku untuk semua
bidang/mata pelajaran, Sedangkan unsur MIKIR dalam matematika kegiatan-kegiatan
yang dilakukan lebih spesifik dan berkaitan dengan pembelajaran matematika.
·
Pada unsur MIKIR
secara umum kegiatan-kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang dapat
diamati oleh panca indra, sedangkan pada matematika tidak semua unsur MIKIR
dapat diamati oleh mata. Sebagai contoh menaksir dan mencongak, kedua hal
tersebut tidak dapat diketahui secara langsung.
·
Pada unsur MIKIR
secara umum kegiatan menyampaikan gagasan/ide secara lisan maupun tulisan dapat
dilakukan melalui apa saja, sedangkan dalam matematika kegiatan menyampaikan
gagasan/ide secara lisan maupun tertulis dilakukan melalui 3 cara yaitu dapat
melalui simbol, diagram, dan tabel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar